Menyoal Anjing

Saya pernah membaca sebuah buku yang memuat kumpulan cerpen, kalau ga salah judulnya “protes-protes-protes” tapi saya lupa nama pengarangnya. Di buku itu ada sebuah cerita yang menyoroti kehidupan anjing yang sebenarnya protes namanya di gunakan oleh manusia yang katanya lebih bermartabat untuk mengumpat sesama jenisnya, namun ada juga yang menggunakan namanya untuk mengatakan sebuah kekaguman. Selain itu juga namanya juga mengalami beberapa modifikasi sesuai dari mulut orang yang mengucapkan namanya tersebut.

Saya sengaja mengangkat tema ini bukan karena saya memiliki seekor anjing atau anggota para penyayang anjing, saya seorang muslim yang tentunya menyentuh hewan tersebutpun tidak boleh apa lagi memakannya. Namun jika disadari hewan tersebut tentunya tidak minta diciptakan sebagai anjing, bahkan kalau bisa meminta pada tuhan mungkin mereka mau terlahir sebagai binatang lain yang lebih indah.

Sebagai manusia kita lebih berakal dan dapat mementukan ucapan apa yang tepat untuk mengungkapkan kekesalan kita pada seseorang. apakah Anjing merupakan kata2 yang super hebat untuk menghujat sesorang? anda jawab sendiri aja. Namun jika diperhatikan fenomena penggunaan kata anjing sudah ada sejak lama, contohnya ada pada film-film lawas.

Penggunaan kata anjing mengalami perubahan seperti : Anjrit, anjir, atau apalah yang sama maksudnya. Kasihan kan coba kalau nama anda yang di jadikan ucapan untuk menghujat tentunya akan marah besar, Tidak semua anjig itu buruk, anjing kan ada yang dijanjikan surga yaitu Qitmir anjingnya Ashabul Kahfi, bagaimana menurut anda?

Iklan

One thought on “Menyoal Anjing

  1. DHarMa sEtYAwaN berkata:

    he he ada to kawanan kita yang katuju menyambat itu…mudahan ja insaf…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s